Senin, 28 Oktober 2013

~Apa itu Butter Cream? ~


  • Butter Cream atau Krim Mentega adalah krim yang digunakan untuk membuat bentuk yang akan digunakan sebagai pemanis / garnish pada roti tart, atau yang lainnya. biasanya terbuat dari campuran gula, susu dan mentega putih, bagi yang ingin berdiet, penderita diabetes, jantung dll, disarankan untuk menghindari buttercream karena kandungan kolesterol dan lemak jahat.

Apa saja bahan pembuat butter cream?
Mentega Putih

  • Ini adalah bahan utama dari butter cream. Di Indonesia terbuat dari minyak kelapa, dengan komposisi lain, sedangkan di luar negeri mentega putih lebih cenderung dibuat dengan susu.
2. Gula Halus
  • Gula yang teksturnya lebih halus dari pada gula biasa ini berfungsi sebagai pemberi rasa manis yang utama. Sebelum digunakan lebih baik diayak dulu untuk membuat gula halus tadi tidak menggumpal. Karena jika menggumpal, gula halus ini akan merusak bentuk dari krim tadi.

3. Susu Kental Manis


Berfungsi sebagai pelembut krim serta sebagai pemberi rasa manis sekunder. Berfungsi juga sebagi emulsifier yang menyempurnakan proses pencampuran warna susu dan krim, sehingga lebih cerah. Gunakan susu kental manis berkualitas baik agar mendapat hasil maksimal. Untuk krim warna putih, gunakan susu kental manis rasa vanila, sedangkan untuk krim warna cokelat gunakan susu kental manis ras cokelat, pewarna cokelat, serta pasta cokelat sebagai penambah rasa & aroma.

4. Pewarna Makanan
  • Pewarna utama pada mentega. Gunakan sesuai takaran perbandingan antara krim dan pewarna. Meskipun pewarna makanan, namun memakan makanan yang mengandung pewarna makanan erlalu sering akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Bagaimanapun juga pewarna makanan adalah bahan KIMIA!
5. Esens
  • Pemberi aroma pokok pada krim. Banyak esens yang digunakan, mulai dari rum, dll. Di sini Rum tidak mengandung alkohol. Jangan gunakan pengganti rum dengan minuman yang mengandung alkohol seperti whisky, anggur, dll.

Bagaimana cara membuat butter cream?

Bahan:
500 gr mentega putih
175 gr gula halus
6 sdm susu kental manis
Esens rum/ vanili sesuai selera

Tahap :
Campur semua bahan jadi 1, kocok selama 15 menit hingga lembut & mengembang.
Beri warna sesuai selera lalu aduk rata.

Keterangan :
Dalam bebebrapa kondisi (konsumen menderita penyakit gula ) selain harus membuat tart yang sugar free, kita juga hrus membuat butter cream yang sugar free pula. Caranya adalah bahan bahan seperti gula, bisa diganti dengan susu kental manis yang tentunya less sugar atau bahkan sugar free.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi, .. Thank you for visiting and taking your time to read my posts recipes in this blog. Although sometimes I can not always reply to every comment that comes, but I am very happy to receive and read it.

I'm waiting for comments, feedback, emails and sharing your posting recipes. Hope you enjoy visiting my blogspot.
Greetings success!!