Sabtu, 05 Oktober 2013

Es Pisang Ijo

 

  Ceritanya kemarin waktu jemput aden adikku pulang sekolah, di depan SMAN 4 Sukabumi banyak penjaja makanan atau snak yang enyak-enak harganyapun variatif, namun terjangkau oleh semua lapisan. hari itu udara agak panas dibanding kemarin, rasanya ingin minum sesuatu yang seger-seger dan enak. waktu ngeliat ada yang jual es pisang hijau, saya jadi tertarik untuk membelinya,... dan ternyata,.. hmmmm,... yummyyyy,.. ga rugi deh belinya.  Hari minggu ini jadi tertarik ingin membuat sendiri es pisang hijau.

Kebetulan tadi pagi untuk sarapan anak-anak dan keluarga, aku sudah menyiapkan spagetti bolognese ala La Fonte,.. Anak-anak seneng juga,..hehehe,... and kenyanggg,... siang ini pengen praktekin bikin es pisang hijau ahh sebagai ganti janjiku ama anak-anak, soalnya tadinya mau ajak anak-anak berenang di kolam renang deket rumah aja sih di "cigunung indah',... tapi aku undurin minggu besok aja, and sebagai gantinya ajak anak-anak cooking dessert bikin es ini, anak-anak seneng banget kalo urusan bantuin masak memasak,..hehehe... so abis nemenin anak-anak nonton doraemon this morning,.. aku nyuruh mba wiji (asisten dirumah hehehe) untuk belanja ke pasar beli bahan-bahan. setelah googling resep nya, ketemu blog nya mba endang JTT (Just Try & Taste), and baca petunjuknya ternyata ga susah dibanding blog lain, blog mba endang ini isinya lebih detail dan mudah dimengerti. Makasih ya mba endang dan mba devita atas resepnya.

Ternyata setelah uji coba, beneran loh,.. pisang ijonya tetap lembut dan lembek biar disimpan di kulkas berhari hari,... seneng banget dapet resep yang OKRE banget,.... 


Untuk sekitar 15 buah pisang ijo 

Bahan pewarna pisang ijo:

- 200 gram daun pandan, potong-potong
- 500 ml air  

Bahan pisang ijo:

- 15 buah pisang raja kuning yang telah matang, kukus,
Meskipun nantinya si pisang ijo ini setelah dibentuk dan dibungkus akan dikukus lagi, namun pisang sebelum digunakan tetap dikukus sebentar. Mungkin untuk memastikan pisang matang saat nantinya dibalut dengan adonan hijaunya.
- 200 gram tepung beras
- 200 gram tepung terigu
- 50 gram gula pasir
- 600 ml santan kental dari 1 butir kelapa
- 500 ml air pandan  
- 3 tetes pasta pandan

Bahan vla santan:

- 50 gram tepung beras
- 500 ml santan kental
- 100 gram gula pasir
- 1/2 sendok teh garam

Pelengkap:

- pecahan es batu secukupnya
- sirup coco pandan atau sirup merah lainnya
- susu kental manis
- manisan kolang kaling
- agar-agar merah yang dipotong dadu tanpa rasa manis

Cara membuat kulit pisang ijo:

Siapkan daun pandan, potong-potong ukuran 2 cm dan cuci hingga bersih. Masukkan ke dalam blender, tambahkan air dan proses hingga halus. Saring sari pandan. Ambil 500 ml air daun pandan untuk mewarnai adonan pisang ijo.
  
Siapkan wadah, masukkan tepung beras, tepung terigu, santan dan air pandan, aduk rata hingga tidak licin dan tidak menggumpal. Jika ada gumpalan, saring adonan hingga halus. 

Masukkan gula pasir, dan pasta pandan , aduk rata. Tuangkan adonan ke loyang tahan panas. Kukus selama 20 menit hingga adonan matang.  
adonan pisang ijo tidak dimasak di dalam panci hingga pekat, melainkan adonan yang telah dicampur hingga rata, di kukus di dalam wadah tahan panas hingga mengeras. Adonan yang telah mengeras ini kemudian di aduk-aduk hingga kalis dan siap dibungkus bersama pisang yang telah dikukus sebelumnya
Angkat adonan dan uleni dengan sendok nasi hingga adonan menjadi licin dan kalis. 

Adonan yang telah matang ini kemudian di isi dengan pisang, dibentuk lonjong dan kemudian dibungkus dengan daun dan dikukus hingga matang. Letakkan selembar plastic di permukaan meja. Olesi permukaanya dengan minyak kelapa, letakkan 3 sendok makan adonan kulit, tipiskan dan letakkan sebuah pisang di atasnya. Bungkus pisang dengan adonan kulit hingga pisang tertutup, bentuk adonan menyerupai bentuk pisang. 




Bagian membentuk ini agak susah dan membuat saya akhirnya menghasilkan pisang ijo berbentuk lontong. ^_^
 Siapkan selembar daun pisang, letakkan adonan yang telah dibentuk di atasnya. Lipat daun pisang dan bungkus si pisang ijo. Tata di kukusan. Lakukan hingga semua adonan habis.
Kukus selama 15 menit. Keluarkan dari  kukusan dan biarkan hingga dingin.


Membuat vla santan:



  Pisang ijo umumnya disantap dengan sejenis vla kental yang terbuat dari tepung beras, mirip dengam bubur sumsum hanya saja vla pisang hijau biasanya lebih nendang rasanya karena kaya akan kandungan santan.
Siapkan panci, masukkan semua bahan vla santan, aduk hingga halus dan larut. Masukkan daun pandan. Jerang vla di atas kompor dengan api kecil, aduk-aduk selama dimasak hingga adonan menjadi kental dan muncul letupan tanda vla telah mendidih dan matang. 

Angkat dan dinginkan.

Penyajian:



Dalam penyajiannya, pisang ijo di potong-potong dan ditata di dalam mangkuk, agar-agar meah yang sudah dipotong dadu taruh di mangkuk, kebetulan diumah ada sisa manisan kolang kaling merah jadi aku tambahkan sekalian, lalu disiram dengan vla santan untuk kemudian disantap bersama kucuran sirup coco pandan atau vanila merah, susu kental manis dan segunung es batu. Saat disantap semua bahan bercampur menjadi satu menghasilkan cita rasa yang lezat dan memang sangat afdol disantap kala berbuka puasa tiba. Dingin, manis, berlemak, legit dan mengenyangkan. Hmm!!  Es pisang ijo siap disantap. Yummy!



Jika pisang ijo tidak habis saat itu juga, simpan di chiller kulkas untuk disantap keesokan harinya. Pisang ijo masih tetap empuk dan lembut.  

 



 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi, .. Thank you for visiting and taking your time to read my posts recipes in this blog. Although sometimes I can not always reply to every comment that comes, but I am very happy to receive and read it.

I'm waiting for comments, feedback, emails and sharing your posting recipes. Hope you enjoy visiting my blogspot.
Greetings success!!