Sabtu, 12 Oktober 2013

Donnut Ala JCO & Dunkins

Seneng banget hari ini dapet informasi tentang tepung premix donnut. Dasar apatissss,... selama ini setau  aku bikin donut ya pake tepung terigu, aku jarang memperhatikan apakah itu berprotein tinggi, atau rendah, pokoknya terigu,...hehehehe,... kampriiingg dehh!! Premixx donut adalah tepung premix khusus donnut yang hasil jadinya adalah donat dengan tekstur mirip dengan Donat JCO. Cara pembuatan dan fermentasinya lebih cepat dibanding dengan cara manual.

Nahhh,.. ceritanya memang dari kemarin lagi kerajinan cari resep donnut yang rasa donnutnya seperti JCO atau Dunkin Donnuts,... Memang dapat sihhh resepnya, dan aku baru tahu kalo ternyata kalau toko bakery atau donnut JCO dan Dunkins memakai tepung premix donnut biar praktisss,... OMG (nepuk jidat),... baru denger deh tentang tepung ini. Kebetulan lagi,.. memang lagi sedang ingin usaha sampingan, pengen jualan kue, lumayan buat nambahin jajan anak-anak hehehe,... tetapi biar kuenya laris manis, so harus cari resep yang OK juga,... Alhamdulillah, ketemu blog toko online yang menjual bahan kue-kue, nama tokonya Mavera Pastry Supplies, baru tadi padi aku order all bahan-bahan yang aku butuhkan, maklum soalnya tinggal di daerah yang tidak semua bahan kue yang dibutuhkan ada. jadi ada beberapa yang aku beli secara online. Secara aku juga baru pindah ke kota kecil ini, jadi belum tau seluk beluk tentang kota ini.

Sebetulnya Rencananya 3 hari lagi saya mau testing resep untuk dua resep kue yaitu donnut ala JCO atau Dunkins dan Macaroons . Dua jenis kue itu yang akan aku jual. Untuk pemasarannya Insya allah masih sekitar daerah deket rumah aja. Bismillahirrohmannirrohim,...

Nah Hari ini aku akan posting untuk resepnya dulu, nanti baru aku uploud untuk foto-fotonya ya,,.

Bahan :

1000 gram tepung premix donnut
10 gr ragi ( aku pake ragi fermifan)
50 gram margarin (aku tidak gunakan ini)
50 gram butter (aku hanya menggunakan butter mix, jadi aku tidak gunakan margarine)
50 gram telur
375 gram air

Topping :
250 gram donnut fosting rasa anggur
250 gram donnut fosting rasa vanila
Butter Cream + keju
Butter Cream + Meses Coklat 

Filling :
Selai Srikaya
Selai Strawbery



Cara :

1. Mix all bahan tepung premix, ragi, telur dan air.
2. Gunakan mixer dengan speed rendah selama 2 menit, lalu speed sedang selama 4 menit.
3. Masukkan butter mix, aduk menggunakan speed rendah selama 2 menit, lalu speed sedang 4 menit. Aku tidak menggunakan margarine, hanya butter mix saja 100 gram karena dalam butter mix sudah dapat dipastikan sudah mengandung  dua bahan yaitu butter dan margarine, jadi lebih praktis dan gak perlu repot cari bahan lagi.
4. Adonan sudah jadi, lalu istirahatkan selama 10 menit, lalu timbang dan potong-potong sesuai selera.
5. Setelah dibentuk istirahatkan selama 60 menit
6. Gorenglah dengan api sedang. Saat menggoreng gunakanlah wajan yang rata supaya warna atau kematangannya merata, karena jika menggunakan wajan cekung warna kematangan kurang merata.
7. Donnut yang sudah digoreng diiistirahatkan selama 45 menit, lalu baru diberi topping sesuai selera.

Modal Usaha :

1000 gram tepung premix donut  Rp 27.000
10 gram ragi                               Rp   3.000
50 gram bakers mix                    Rp   3.500
50 gram telur                              Rp   1.250
375 gram air                               Rp   1.000
minyak goreng                            Rp    2.000
Jasa                                           Rp    1.000
Packing kemasan + label            Rp      500
_____________________________________  +
total cost                                    Rp 39.250
total berat                                   1535 gram

Dari 1 resep dihasilkan 30-50 pc donut tergantung beratnya.
Jika menggunakan berat 30 gram maka akan menghasilkan 50 pc donnut dengan cost Rp 785,-
jika menggunakan berat 40 gram maka akan menghasilkan 38 pc donut dengan cost Rp  1.033,-
Jika menggunakan berat 50 gram maka akan menghasilkan 30 pc donut dengan cost Rp 1.308,-

Harga modal ini belum perhitungan untuk gula halus yang biasanya digunakan untuk topping and filling.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi, .. Thank you for visiting and taking your time to read my posts recipes in this blog. Although sometimes I can not always reply to every comment that comes, but I am very happy to receive and read it.

I'm waiting for comments, feedback, emails and sharing your posting recipes. Hope you enjoy visiting my blogspot.
Greetings success!!